Thursday, February 3, 2011

Pemilik Restoran Tempe House Spicy Food yang Menjual Tempe & Masakan Dari Tempe di AS Januari 25, 2011


Saat anda di Amerika Serikat dan anda kangen dengan masakan tempe cobalah mampir ke Tempe House Spicy Food di California, LA.  Tempe House adalah toko penjual tempe dan sekaligus rumah makan yang menyediakan menu makanan kebanyakannya terbuat dari tempe.
Restoran tersebut dirintis Ibu Ratina Muljono asal Indramayu. Ia datang dari Indonesia tahun 1999. Meski hanya mengecap pendidikan SD, namun darah bisnis mengalir dalam dirinya. Waktu di Indonesiapun, ia memiliki usaha jual beli.
Idenya muncul ketika ia menyatakan akan memulai usaha dan berjualan sesuatu, temannya menyarankan untuk jualan tempe segar karena di sana belum ada yang jual tempe. Jadilah ia belajar membuat tempe segar. Ternyata membuat tempe tidak semudah yang ia duga. Setelah menghabiskan 6 karung kedelai, barulah ia bisa membuat tempe seperti yang ia harapkan.
Ratina menjual tempe Lomalinda seharga 1 dollar per bungkus atau sekitar Rp10.000. Awalnya, ia yang menawarkan ke toko/supermarket, namun sekarang justru toko atau supermarket yang memesan dan membayar di muka lebih dulu kepadanya karena tempenya banyak dicari dan membuat tokonya laku. Tempe buatannya disukai pelanggan karena rasanya yang beda, enak dan fresh.
Pada tahun 2005, usaha jualan tempe di rumahnya dilaporin orang sehingga digrebek. Karena di AS tidak boleh membuat dan jualan di rumah, harus ada tempatnya (toko). Setelah berkeliling, akhirnya Ratina mencari lokasi untuk tokonya dan mendapatkannya. Namun, pinjaman modal usaha dari bank tidaklah mudah. Syukurlah, karena ordernya banyak akhirnya Ratina bisa menabung & melunasi usahanya.
Sejak Juli 2009, Ratina mulai menjual tempenya di Tempe House Spicy Food kota San Benardino, CA yang juga menjual berbagai masakan khas Indonesia lainnya. Khusus hari minggu dia membuat 1.000 bungkus. Berkat kerja kerasnya bisnisnya berjalan lancar.

No comments:

Post a Comment